Senin, 24 April 2017

Contoh Sinopsis Cerpen


SINOPSIS CERPEN

 

  1. Judul               : Reporter Cilik
  2. Pengarang      : Wanda Amyra Mayshara
  3. Tema               : Sabrina berusaha mewawancarai seseorang tentang matematika
  4. Tokoh              : Sabrina, Kak Febri, Ayah Sabrina, Bu Amira, dan Kak Farra.
  5. Karakter          :  a. Sabrina    = baik, mau berusaha, dan sopan.
       b. Kak Febri = baik dan suka membantu
       c. Ayah Sabrina = pandai
       d. Bu Amira dan Kak Farra = ramah dan pandai

6)Sinopsis               :

Orientasi                     Pemilihan reporter cilik diadakan setiap bulan di sekolah  Sabrina. Setiap bulannya selalu dipilih enam orang reporter cilik. Reporter yang terpilih akan mewawancarai seseorang tentang masalah – masalah tertentu. Nantinya, hasil wawancara itu akan dimuat di mading dan koran sekolah. Biasanya, reporter cilik akan menanyakan masalah – masalah yang berkaitan dengan pelajaran tertentu.

Komplikasi                  Menjadi reporter cilik merupakan impian Sabrina. Makanya, dia sangat bangga ketika terpilih menjadi reporter sekolah. Kini, dia bisa mewawancarai seseorang. Tetapi, Sabrina bingung harus mewawancarai siapa untuk tema pelajaran “Asyiknya Matematika”. Sabrina terus berfikir mencari ide, dia ingat, ayah Sabrina pandai di bidang matematika karena ayahnya lulusan fakultas matematika. Setelah mewawancarai ayahnya, Sabrina menulis wawancara dalam bentuk cerita.

                         Esoknya, Sabrina mempunya ide untuk mewawancarai Bu Amira, guru matematikanya di sekolah. Setelah selesai mewawancarai Bu Amira, Sabrina menuju kelasnya untuk menulis hasil wawancara keduanya. Sepulang sekolah Sabrina mengikuti les matematika. Sabrinapun mempunyai ide untuk mewawancarai Kak Farra, guru les matematikanya. Seperti sebelumnya, Sabrina meenulis hasil wawancaranya dalam bentuk cerita.

Resolusi             Keesokan harinya, Sabrina buru – buru memasuki ruang penerbitan koran sekolah untuk menyerahkan hasil wawancaranya kepada Kak Febri, anak kelas enam yang mengurusi mading dan koran sekolah.

                         Koran sekolah sudah terbit, Sabrina bangga hasil awancaranya dimuat disana. Hasil wawancara itu ada di rubrik kelas lima dengan judul ‘Pengalaman Bersama Matematika’ itulah judul yang dibuat oleh Sabrina. Sabrina mendapat pujian dari teman – temannya. Selain itu, Sabrina juga mendapat uang seratus ribu rupiah.

  1. Amanat                        : Jika kita mau berusaha dengan keras dan tekun, kita akan mendapat  balasannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manfaat Tumbuhan Eceng Gondok Bagi Kesehatan Tubuh

Tumbuhan eceng gondok merupakan salah satu tumbuhan yang dianggap hama karena keberadaanya yang dapat mengakibatkan menyusutnya sebuah per...